Senin, 29 Maret 2010

Apem

Apem Panggang



Tiba tiba pengen sekali belajar bikin kue yang satu ini, padahal aku juga tidak begitu suka, karena menurutku kue ini cepat sekali bikin kenyang. Orang tua bilang kalo sebenernya wanita jawa harus bisa bikin kue Apem karena memang kue ini sering sekali harus hadir dibeberapa acara adat jawa, seperti megengan (kalo pas mau puasa ramadhan), selametan (peringatan hari hari kalo ada yang kesusahan), syukuran dan acara lainnya.
Pasangan Apem yang sejati adalah pisang, ya....2 benda ini wajib ada disetiap acara adat jawa. Sempat nyari nyari resepnya sih, nyari yang paling siipp......tapi ternyata antara resep satu dengan yang lain tidak jauh beda, paling paling beda dibahan tape, ada beberapa resep yang tidak memakai tape, hanya cukup memakai ragi saja.
Karena penasaran sama yang namanya Apem, aku sudah 3 kali nyoba resep Apem. Yang pertama aku bikin, pake air kelapa dan santan tanpa tape, hasilnya lumayan empuk tapi adonan terlalu encer, jadi bentuknya tidak bisa cempluk. Yang kedua hanya memakai santan dan ragi tanpa tape, hasilnya sedikit padat dan sedikit lebih mumbul. Nah.....yang ketiga ini, benar benar aku niat bikinnya, pakai tape dan santan, hasilnya menurutku pas karena Apem ini bentuknya mumbul, sedikit padat (kalo terlalu empuk ntar mirip pukis dong) dan tidak begitu bersarang (karena menurutku kalo banyak bersarang ntar malah mirip bikang ambon).

Tekstur Apem ini kalo pas dingin masih empuk sekalipun tidak seempuk pas masih pertama diambil dari cetakan (masih panas), menurutku itu karena pemakaian tepung beras yang dominan (namanya juga Apem, ya pake tepung beras dong.....kalo terigu jadinya pukis deh), untuk membuatnya lebih empuk, aku mencoba menyampurnya dengan tepung terigu.

Sebenernya masih pengen nyari resep yang lebih sip lagi, tapi sampai saat ini, resep yang ini cukup ok kok.
Monggo, silahkan kalo mau mencoba


Apem Panggang

Bahan:
300 g gula pasir
4 butir telur

1/2 sdt vanili bubuk

250 g tape yang dihaluskan

1 sdt ragi instan
400 g tepung beras

100 g tepung terigu
750 ml santan hangatkan dengan 1 sdt garam

nangka dipotong kecil kecil untuk topping


Cara:
- Campur tepung beras, tepung terigu dan ragi, sisihkan
- Kocok gula, telur dan vanili bubuk sampai gula larut




- Masukkan tape, kocok rata



- Masukkan campuran tepung bergantian dengan santan, kocok rata





- Tutup dengan serbet, diamkan sampai 1 jam



- Cetak dengan api kecil,



tutup sebentar hingga setengah matang, baru taburi nangka, tutup kembali




matang, siap dihidangkan



Tips : Agar cetakan tidak lengket, sebelum dipakai panaskan cetakan di api kecil dan beri kocokan telur disetiap lubang cetakan, buat orak arik / panggang sampai matang, sisihkan dan cetakan siap digunakan, dijaminn......ga bakalan lengket


9 komentar:

  1. terima kasih sudah sharing resep... kira2 bisa dibuat dengan cetakan poffertjes nggak ya?

    BalasHapus
  2. belum pernah nyoba sendiri tapi pernah liat waktu gogling di internet, lucu, jadinya apem mini

    BalasHapus
  3. Enakan ditambahin tepung tapioka, dijamin sampai 24 jam masih empuk dan kenyal. btw pakai trigu dengan pengembang tape murni juga gak kalah nikmat bahkan jauh lebih enak kalau dan rasanya tetap Apem bukan Pukis.

    BalasHapus
  4. wah...boleh juga tuh resepnya, kapan kapan bisa dicoba. Setahuku memang jaman dulu bikin apem ga pake ragi instan tapi cukup tape sebagai pengembangnya, sampai sampai ada istilah kalo bikin apem itu *tangan tanganan* maksudnya jadi atau nggaknya apem tergantung tangan yang bikin, tapi kayaknya itu sudah ga berlaku lagi buat jaman sekarang.
    Memangnya enak ya bikin pukis pake tape? belum pernah coba sih hehehehe...

    BalasHapus
  5. Wah enak banget nih udah lama ga makan apem alias kue dorayaki indonesia hehe.. makasi mbak ada caranya jadi bisa ngebayangin cara buatnya nih. salut loh sama kata2 di profile jadi pengen seperti mbak bisa cari uang jajan sendiri... hebat
    doain aku bisa seperti mbak ya... you are such an inspiration

    BalasHapus
  6. saya coba deh besok tgl 26 juni megengan tuh,,, thanks ya!

    BalasHapus
  7. Iya bentar lagi megengan, cocok nih..Terimakasih infonya..

    BalasHapus