Kamis, 11 November 2010

Kalpetart



My first Klapy




Waktu bikin si Devil kemaren ternyata menyisakan susu cair dan telur yang lumayan banyak, sayang juga kalo dianggurin, susu cair kan cuman layak minum sampai 2-3 hari kalo segelnya sudah di buka. Akhirnya gogling reep klapetart, yang banyak muncul resep klapetart wilton melulu, aku sih sudah pernah nyoba bikinan temen, cuman aku merasa aneh aja sama rasanya, makanya aku cari resep lain, yeeee...........nemu deh akhirnya, di blog salah satu pecinta kuliner juga *pastinya ya hihihi.....* sayangnya aku lupa nama dan alamat blognya, cuman dia bilang resep ini dia dapat dari sedap sekejap.
Resepnya Klapetart Keju, aku baca dari atas sampai bawah, hmmm...............yang ga punya bahannya cuman kelapa muda, yo wis..............brangkat beli kelapa muda.

Sampai rumah, langsung keruk klamudnya lalu rebus barengan air kelapanya sampai mendidih *katanya biar klamudnya ga gampang basi*, trus ada sisa kenari di kulkas, sangrai dulu lalu didinginkan, ada si kismis yang aku rendam pake air hangat, seeeppp......lanjut bahan bahan yang lain. Ok, habis dimasak, cemplang cemplung, oven, tabur kayumanis dan tarrrraaaaa.............jadi deh klapynya. Pas habis keluar oven aku sempetin cicipin satu cup, masih anget sih, teksturnya juga masih benyek. Habis didinginkan suhu ruang langsung masuk kulkas, nah yang habis dari kulkas aku juga cicipin, ternyata si klapy lebih set, dan menurutku memang lebih enak dimakan pas dingin.
Tekstur klapy pake resep ini lebih licin dan lembut dibanding klapy yang pernah aku cicipin sebelumnya *ato mungkin tergantung yang bikin juga kali ya.....habisnya yang sebelumnya gerindilan teksturnya* Terus untuk isian kenari, sepertinya aku ga begitu suka, mungkin jauh lebih gurih dan enak kalo diganti almond *qiqiqi.....ya iyalah, beda harga beda rasa, ya to.....*
Ini lho resep asli yang aku pake sebagai acuan bikin klapy

Klapetart Keju

Bahan:
600 ml susu cair
125 g gula pasir
60 g terigu
30 g maizena
250 g creamcheese
50 g mentega
1/2 sdt air jeruk lemon
1 sdt kult lemon parut
1/2 sdt garam
5 butr kuning telur
50 g keju parut
200 g kelapa muda

Toping:
3 butir putih telur
50 g gula pasir
1 sdm terigu
25 g kismis

Cara:
- Rebus 450 ml susu cair dn gula sampai mendidih.
- Larutkan sisa susu, terigu, maizena dan garam, lalu masukkan ke dalamresbusan susu dan gula, aduk licin dan meletup letup, angkat.
- Masukkan kocokan cremcheese, mentega, air jeruk dan kulitnya, aduk rata.
- Masukkan kuning telur, aduk rata
- Masukkan klapa muda dan keju, aduk rata
- Tuang ke cetakan, oven 160 dc selama 40' dengan cara auben marie.
- Beri toping dan taburankismis, oven lagi selama 20' suhu 160 dc.
- Toping : kocok ptih telur setengah mengembang , lalu masukkan gula dan kocok sampai mengembang. Masukkan terigu, aduk rata.



Seperti biasanya, bagiin aja ke tetangga dan teman teman, sekalian ngetes lidah mereka sambil nunggu komennya. Macem macem sih, untuk pengemar keju, mereka bilang pas semuanya tapi yang ga suka keju bilang kurang manis, yaaa..............what ever lah.......lidah orang kan beda beda, yang penting sejauh ini, komen masih positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar