Sabtu, 13 November 2010

Kue Soes

Soes Klamis





Karena kemaren habis bikin klapetart, nah.....ternyata kelapa mudanya masih nyisa, sayang kan kalo dianggurin......wis tah....pokoknya dalam satu minggu ini aku pengen banget coba coba resep baru, yang ga biasanya aku bikin deh....
Buka buka buku resep lagi dilemari, nyari resep yang ada bahan kelapa mudanya, ketemu sama boklet dari Saji. Nemu resep soes yang isiannya pake kelapa muda dan kismis, aku mulai baca bahan bahannya sekaligus cara buatnya.
Dari resep soes yang aku baca tadi, sepertinya sedikit berbeda dengan bikin soes biasanya, tapi coba saja......toh namanya juga coba coba. Siapkan dan timbang semua bahan.
Pertama tama memasak air, margarin dan terigu, hmmmmm..........berbeda dengan membuat soes biasanya, karena jumlah terigu yang banyak, maka adonan lebih padat dan berat tapi tetep kalis kok. Sampai di hasil adonan sebelum dipanggang ternyata agak encer, mirip sekali dengan adonan kue lumpur/kalpetart, cetak saja di cup cup almunium foil, panggang deh, hmmm...sebenernya agak pesimis juga liat adonan yang encer gitu, apa iya bisa mengembang.....ahh......lihat sajalah nanti.
Yuuppp.......sudah waktunya keluar oven......waktunya pengamatan, hmmm......soes ini penampakannya tidak mengembang tinggi, hanya berefek retak retak di permukaannya, teksturnya padat dan berat, maksudku tidak kopong seperti soes lazimnya.
Yaaa....nemu lagi varian baru dari soes yang sudah di coba dan kalo masalah rasa sih.....hmmm......coba in bikin yuk, biar tau rasanya qiqiqiqi..................



Soes Klamis

Bahan:
50 g margarin
150 ml air
1/2 sdt garam
150 g terigu
4 butir telur
100 g gula pasir
100 ml santan dari setengah butir kelapa
1/2 sdt essen pandan/vanila/sesuai selera
100 g kelapa muda, keruk panjang
25 g kismis

Cara :
- Panaskan margarin, air, garam sampai mendidih.
- Masukkan terigu, aduk sampai kalis, angkat, biarkan hangat.
- Masukan telur, kocok rata.
- Masukkan gula, kocok rata.
- Tuang santan sedikit demi sedikit, kocok rata dengan speed rendah lalu masukkan essens, aduk rata.
- Masukkan kelapa uda dan kismis, aduk rata, lalu cetak di cup alumunium foil.
- Oven 180 dc selama 35'

Karena cup yang aku stok cuman sedikit, maka sisa adonan aku cetak di loyang muffin yang dioles margarin dan hasilnya jauh lebih cantik yang dicetak dicup alumunium. Dan menurutku, penampakannya lebih bagus kalo pas ngisinya dipenuhin.
Aku juga mencoba menambahkan dengan vla yang dibuat dari santan. Kalo aku pribadi sih lebih seneng menikmatinya pake vla, lebih legit.
Oh ya, kenapa aku memberinya judul Soes Klamis? hanya sebuah singkatan dari Soes Kelapa Kismis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar