Selasa, 30 November 2010

Kulit Sus

Gimana bikinnya ya?

Sudah lama aku pengen bikin tutorial membuat kulit sus lewat foto foto , alhamdulillah kesampaian juga. Tutorial pembutan kulit sus ini aku bikin bukan karena aku expert membuat kulit sus tapi hanya sekedar sharing saja pengalamanku selama ini membuat kulit sus.
Kebetulan hari Senin yang lalu ada telpon dari pelanggan setia yang berniat memesan sus vanila untuk hari Rabu, hmmm.....sepertinya ini waktuku untuk bisa merealisasikannya.
Lha wong yang moto bukan fotografer, jadi maafkan kalo fotonya ga secakep hasil jepretan fotografer handal tapi insya Alloh bisa dinikmati dengan jelas setiap stepnya.
Biar lebih jelas sekalian aku lampirkan resepnya ya....



Kulit Soes
by Cita

Bahan :
200 ml air
100 g margarin/mentega
100 g terigu protein sedang/tinggi
3 butir telur


Cara :
- Olesi loyang yang akan dibuat memanggang sus dengan margarin/mentega.



- Didihkan air dan margarin/mentega. Matikan kompor.



- Segera masukkan terigu sekaligus kedalam larutan air dan margarin tadi, aduk rata lalu nyalakan kembali api kompor. Aduk terus adonan hingga kalis (tidak menempel didinding panci), matikan api kompor dan angkat.




- Pindahkan adonan di baskom untuk mendinginkan adonan. Kalo aku lebih suka mendinginkan adonan kulit sus dengan sesekali memixer adonan untuk menghilangkan uap panasnya.



- Setelah adonan dirasa sudah mendingin atau sedikit hangat, masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga adonan menjadi kesat (seperti kalis tapi lembek). Itulah kenapa memasukan telurnya sedikit demi sedikit, karena untuk mengontrol adonan agar tidak terlalu encer sehingga bisa displuit. Untuk mengocoknya juga tidak harus dengan mixer, dengan whiskpun juga bisa dilakukan dan tidak mengubah hasil akhirnya.




- Siapkan plastik segitiga dan spluit yang diinginkan untuk mencetak. Aku biasa mengisi kantong segitiga dengan cara seperti ini, memang lama dan ribet tapi menurutku jauh lebih rapi, bersih dan tidak belepotan.




- Cetak adonan sus di loyang sesuai selera. Sebenernya tanpa spluit pun bisa, bahkan dengan cara menyendokan adonan di atas loyang saja juga bisa dilakukan atau kalo mau lebih gampang dicetak di loyang pie atau muffin.




- Panggang adonan sus di oven bersuhu minimal 200dc dengan api bawah. Sus butuh panas yang tinggi untuk membuat adonan mengembang sempurna dan kopong ditengahnya. Panggang kurang lebih 30 menit atau hingga berwarna coklat keemasan dan tidak ada busa disekeliling adonan, ini terlihat dari tekstur sus yang kokoh. Juga diperhatikan dalam memanggang sus, pintu oven jangan sering dibuka untuk menjaga suhu oven tetap tinggi.


- Setelah matang, dinginkan, gunting sedikit bagian sus untuk mengisi isian sesuai selera.



Semoga cukup jelas dan mudah dipahami dan yang terpenting mampu menjadi manfaat bagi yang membutuhkan informasi ini


4 komentar:

  1. alhamdulillahhhh...akhirnya ketemu blog yg menampilkan step2 pembuatan sus...coz dah be2rapa x bkn kok *gatot*...
    tapi stlh ada tampilan ini...Insya Allah akan di coba lagi...
    sukses selalu ya mbak...bravo!!

    BalasHapus
  2. Thanks ya mba.. informasinya berguna banget.

    Hug
    cacarani

    BalasHapus
  3. anakkuimut : alhamdulilah kalo postingan ini bermanfaat, ayo...coba terus, semangat!!! soes harus bertekuk ltut ditanganmu mbak

    BalasHapus
  4. cacarani : alhamdulillah....kalo berkenan monggo dicoba, insya Alloh berhasil

    hug juga ya...

    BalasHapus